Pages

Rabu, 12 September 2012

Yamaha Ngos-ngosan Jual Fino dan Xeon

img


Jakarta - Meski belum lama diluncurkan, nafas skutik retro Yamaha, Mio Fino nampaknya sudah ngos-ngosan. Bila di bulan-bulan awal Yamaha berhasil mendistribusikan puluhan ribu unit Yamaha Mio Fino, kini lawan Honda Scoopy itu hanya mampu terdistribusi sebanyak 163 unit saja di Agustus lalu.

Diawal kemunculannya, Yamaha yakin Mio Fino akan mampu mendobrak dominasi Honda Scoopy yang sudah lebih dahulu datang.

Ketika diluncurkan di Plaza Barat Senayan, Gelora Bung Karno Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta pun kemunculan Mio Fino berlangsung dengan meriah. Namun apa daya, kini distribusi motor ini bisa dibilang diluar ekspektasi.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), motor ini di Agustus lalu hanya terdistribusi sebanyak 163 unit yang terdiri dari 108 unit Mio Fino Classic, 54 unit Mio Fino Sporty dan 1 unit Mio Fino Fashion.

Ini adalah angka distribusi terendah yang pernah dicetak Mio Fino sejak kelahirannya.

Karena di bulan Februari saja ada 19.883 Mio Fino yang terdistribusi yang terdiri dari 6.536 Mio Fino Classic, 6.621 Mio Fino Sporty dan 6.726 Mio Fino Fashion.

Angka tersebut makin meningkat di bulan Maret ketika Yamaha total mendistribusikan 32.591 unit dan 26.064 unit di April. Namun setelah itu, seolah perlahan namun pasti, distribusi Mio Fino secara total terus menurun dari bulan ke bulan.

Di bulan Mei saja hanya ada 3.182 unit yang lalu turun lagi di bulan Juni dan Juli ketika di masing-masing bulan Mio Fino secara total hanya terjual 1.657 unit dan 968 unit saja.

Titik nadir kemudian hadir di Agustus ketika Yamaha hanya berhasil melepas 163 unit Mio Fino saja ke pasaran. Total dari Februari sampai Agustus lalu sudah ada 84.508 unit Mio Fino yang masuk pasar Indonesia.

Selain Mio Fino, produk Yamaha lain yang terlihat ngos-ngosan adalah Yamaha Xeon. Skutik sporty milik pabrikan berlambang garpu tala ini dalam catatan AISI terus mengalami penurunan distribusi.

Bila di Januari dan Februari ada 19.766 dan 20.139 Yamaha Xeon yang terdistribusi, di bulan Maret hanya ada 8.915 unit Yamaha Xeon yang terdistribusi untuk kemudian turun lagi jadi 4.911 unit April.

Nafas segara terasa di bulan Mei ketika ada 9.790 unit Yamaha Xeon yang terdistribusi. Namun sebulan kemudian, penjualan Xeon kembali anjlok ketika hanya mencatat penjualan sebesar 2.816 unit saja.

Banyak yang berpikir kalau inilah titik terendah penjualan Yamaha Xeon. Tapi ternyata tidak. Karena di Juli penjualan motor ini kembali harus anjlok hingga hanya terdistribusi sebanyak 21 unit saja.

Dan di Agustus, Yamaha Xeon mencapai titik nadir ketika hanya terdistribusi sebanyak 12 unit saja. Total di 8 bulan pertama 2012 motor ini tercatat telah terdistribusi sebanyak 66.370 unit.

Selain kedua produk tersebut, Yamaha Lexam juga bisa dibilang sudah kehabisan nafas. Sebab sejak Januari silam, Yamaha sudah tidak lagi mendistribusikan motor ini. Bahkan sebenarnya, Yamaha sudah tidak lagi mendistribusikan motor ini sejak November tahun lalu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar