Pages

Rabu, 26 September 2012

Akrobatik Pesawat Hiasi Bandung

Image

Petugas dan teknisi tengah menyiapkan pesawat Cessna yang akan dipamerkan pada Bandung Air Show 2012 di Lanud Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, kemarin. Dalam menyambut HUT Ke-202 Kota Bandung, Bandung Air Show digelar mulai 27-30 September.

BANDUNG– Atraksi pesawat dari dalam dan luar negeri akan menghiasi langit Kota Bandung pada Bandung Air Show 2012 yang digelar 27-30 September.

Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke- 202 Kota Bandung. Pameran dirgantara mengambil lokasi di Lapangan Udara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung. Penyelenggara kegiatan menargetkan jumlah pengunjung dua kali lipat dari Bandung Air Show 2010.

Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Husein Sastranegara Kolonel( Pnb) Umar Sugeng Hariyono mengatakan,persiapan Bandung Air Show 2012 dilakukan sejak satu tahun lalu.Berbeda dengan gelaran sama pada 2010 yang hanya menghabiskan waktu empat bulan. Bandung Air Show dibuka besok atau Kamis (27/9) pukul 08.30 WIB.

”Kami menargetkan 80.000 pengunjung bahkan lebih,jumlah itu dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya 45.000 orang. Bandung Air Show 2010 itu acara pertama dan pionir, jadi segala sesuatunya disempurnakan pada event sama tahun ini,” ujarnya di Hanggar F Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung,kemarin.

Selama empat hari pergelaran itu, para pengunjung disuguhi berbagai penampilan dan tambahan pengetahuan seputar dunia penerbangan baik nasional maupun internasional. Sebanyak 50 pesawat dipamerkan pada Bandung Air Show. Umar menuturkan, pertunjukan yang disediakan mencakup static show dan dynamic show.Pada static show,sejumlah pesawat dipajang di area pameran.

Untuk dynamic show,para penerbang dan awaknya akan unjuk kebolehan melakukan manuver pesawat terbang.” Staticshow dipajang sepanjang hari di area pameran.Pertunjukan dynamic show berlangsung setiap hari pukul 09.00-10.00 WIB dan pukul 14.00-15.00 WIB.Tentunya tergantung cuaca,semoga saja selama pameran ini cuaca Bandung bagus. Karena gerimis sedikit saja tidak bisa dilakukan penerbangan,” katanya.

Dia menyebutkan, beberapa negara yang meramaikan eventini di antaranya Australia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Insan penerbangan dalam negeri yang ikut berpartisipasi yakni TNI Angkatan Udara,PT Dirgantara Indonesia, berbagai sekolah penerbangan, dan komunitas olahraga dirgantara. ”Sekolah penerbangan di Bandung,Jakarta,dan Cirebon juga turut meramaikan termasuk SMK 12 Kota Bandung yang berhasil membuat pesawat eksperimental,”ucapnya.

Direktur Greenlite Kreasi Indonesia Susi Nurliah menyiapkan berbagai pelayanan bagi para pengunjung terutama keselamatan saat menghadiri pameran.” Semua pengunjung, panitia, dan peserta Bandung Air Show diasuransikan. Jadi, semua yang ada di lokasi sudah dijamin. Kami berharap tidak terjadi apa-apa dan pihak Lanud Husein Sastranegara juga sudah menyiapkan segalanya.Keselamatan dan keamanan merupakan yang utama,”ujarnya.

Warga yang hendak mengunjungi Bandung Air Show 2012 dapat membeli tiket di loket yang tersebar disekitar lokasi.Bahkan, tiket dapat diperoleh di sejumlah travel dan pusat perbelanjaan di Kota Bandung.”Untuk pelajar sebesar Rp5.000,sedangkan untuk masyarakat umum dapat membeli tiket sebesar Rp15.000. Kami menghadirkan artis-artis nasional asal Bandung seperti Melly Goeslaw,Zigaz,dan masih banyak lainnya,”kata Susi.

 Banyak Pekerjaan Rumah

Di usianya yang ke-202,Kota Bandung masih belum sempurna dan banyak yang harus dibenahi. Dari sejumlah masalah, masyarakat paling banyak mengeluhkan soal kemacetan dan banjir cileuncang. Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan,untuk mengatasi kemacetan dan banjir terutama di kawasan Jalan Soekarno Hatta sedang dilakukan pelebaran jalan dan perbaikan drainase. ”Ada dana Rp200 miliar untuk jalan dan kebinamargaan untuk memperbaiki drainase dan jalan,” ujarnya.

Khusus Jalan Soekarno Hatta bukan hanya tanggung jawab Pemkot Bandung.Sebab, jalan tersebut merupakan jalan nasional dan provinsi,sehingga harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemprov Jabar. Dari 23 indikator keberhasilan, sebanyak 19 di antaranya sudah bisa diselesaikan. Sisanya empat indikator lagi masih banyak dikeluhkan di antaranya air, sungai, jalan kumuh, dan macet.

Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mengungkapkan, saat ini masalah di Kota Bandung sudah kompleks seiring meningkatnya jumlah penduduk.” Kami sudah memiliki program jangka panjang dan pendek. Salah satunya masalah transportasi yang tersinergi dengan lainnya seperti cable car, MRT,dan perpindahan terminal di Gedebage,”kata Ayi.

Dia berharap ke depan Kota Bandung menjadi kota idaman yang diimpikan setiap orang. ”Kami berusaha mengembalikan udara yang sejuk seperti tahun 70-an.Berbagai masalah terutamasampah, kemacetan,PKL, banjir cileuncang, jalan rusak dapat terselesaikan, ”paparnya.

Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan berharap Pemkot bisa memaksimalkan perda yang sudah dibuat.”Percuma banyak perda kalau tidak diterapkan.Makanya momentum hari jadi ini sebagai bahan introspeksi dan maksimalkan perda,”katanya. gugum rachmat gumilar/ yugi prasetyo

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar