Pages

Senin, 24 September 2012

Fenomena Kebangkitan Kelas Menengah

Monday, 24 September 2012 ImageJAKARTA– Tingginya minat masyarakat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 menunjukkan semakin meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia.

Ekonom Unika Atma Jaya A Prasetyantoko menilai Indonesia menjadi target barang mewah seperti produk automotif seiring dengan bertambahnya orang kaya baru di Tanah Air. ”Ini terjadi lantaran pertumbuhan ekonomi kita yang stabil di atas 6% selama beberapa tahun terakhir,” kata Prasetyantoko kepada koran SINDOkemarin. Dia mengatakan, harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia yang masih disubsidi juga mendorong perkembangan industri automotif. Belakangan, mobil semakin diminati karena mengusung teknologi yang hemat BBM dan ramah lingkungan.

”Faktor tersebut yang membuat masyarakat kelas ekonomi menengah kita menjadi tertarik, ”tegasnya. Ekonom LIPI Latif Adam menilai sifat konsumtif telah memicu antusiasme masyarakat Indonesia memburu produk-produk automotif di ajang IIMS. Ini didorong pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang mencapai sekitar 9 juta per tahun. ”Tentu ini menjadi faktor bagi produsen mobil mengambil kesempatan pasar yang ada,”ucapnya.

Dia menilai, regulasi yang ada memungkinkan produsen mobil menjadikan Indonesia sebagai target pasar. Misalnya regulasi impor dan kebijakan BBM bersubsidi. ”Untuk BBM kita masih menjadi salah satu negara di Asia dengan harga paling murah,”jelasnya. Dari pantauan SINDO, antusiasme masyarakat menyambut IIMS 2012 yang diikuti 35 merek kendaraan ini semakin terlihat pada akhir pekan kemarin. Pengunjung harus antre dan berdesakdesakan untuk melihat mobil idamannya.

Alhasil, suasana pun menjadi kurang nyaman karena pengunjung berebut, terutama saat ingin masuk ke dalam kabin mobil. ”Kami melihat ada peningkatan yang cukup signifikan pengunjung IIMS dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Panitia IIMS 2012 Johnny Darmawan kemarin.Menurut dia, jumlah pengunjung yang memadati ajang IIMS 2012 melebihi 50.000 orang pada Sabtu (22/9).Pada ajang IIMS 2011, di akhir pekan jumlah pengunjung hanya berkisar 35.000 orang.

Panitia IIMS 2012 mencatat, sejak dibuka pada 20 September lalu jumlah pengunjung mencapai 91.014 orang (tiket yang terjual). Adapun tadi malam, diperkirakan 50.000 hingga 55.000 orang memadati area pameran di JIExpo,Kemayoran, Jakarta. Panitia menargetkan pameran mobil terbesar di Asia Tenggara yang berlangsung hingga 30 September 2012 ini dikunjungi 350.000 orang. Johnny Darmawan menambahkan, pihaknya sebenarnya tidak menetapkan target resmi jumlah pengunjung maupun nilai transaksi,tetapi diharapkan bisa melampaui pencapaian IIMS 2011 karena pasar automotif nasional terus meningkat.

Tahun lalu, penjualan mobil dan aksesori selama pameran mencapai Rp3,2 triliun. Membludaknya pengunjung menyebabkan jalan masuk ke tempat pameran macet, bahkan banyak kendaraan diparkir di badan jalan karena tempat parkir penuh.Puluhan ribu orang terlihat memadati booth-booth peserta agen pemegang merek (APM) demi melihat dari dekat teknologi dan produk terbaru yang ditampilkan.

Antusiasme para auto lovers ini tidak mengherankan karena ajang IIMS 2012 menampilkan berbagai mobil konsep maupun mobilmobil yang baru pertama kali diluncurkan di Indonesia,bahkan di dunia. Beberapa APM bahkan menjadikan ajang IIMS kali ini sebagai tempat peluncuran perdana produk mereka di dunia atau world premiere.

Sejumlah APM yang tercatat melakukan world premiere antara lain Chevrolet yang meluncurkan Chevrolet Spin dan Honda dengan produk CRZ. Mobil-mobil baru seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga menjadi magnet pengunjung. Ditambah lagi kehadiran robot pintar milik Toyota, yakni Robina dan Humanoid, menjadi daya tarik bagi pengunjung yang membawa anak-anaknya. APM peserta IIMS 2012 juga menghadirkan berbagai hiburan seperti live music dan atraksi lain.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto saat ditemui di arena pameran mengatakan tak mematok target penjualan.” Target kami ingin meningkatkan brand image produk sehingga kami ingin menjangkau tidak hanya orang tua, tapi juga anak-anak sehingga saat dewasa nanti jatuh cinta dengan Toyota,” tutur Joko. Pada IIMS 2011 lalu, Toyota berhasil membukukan penjualan 6.900 unit.

Public Relations PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors, APM Mitsubishi di Indonesia, Jerry Amran mengatakan penjualan yang terjadi di IIMS 2012 selama tiga hari belakangan tidak terlalu mengejutkan seperti penjualan di IIMS 2011.”Kemungkinan besar hal ini terjadi karena pengaruh kebijakan down payment 30%,”ujar Jerry. Dia mengatakan produk yang paling laris dipesan oleh pengunjung masih tetap Pajero Sport.

Padahal saat ini PT KTB Motors menawarkan dua mobil terbaru, yakni Mitsubishi Outlander Sport dan Mitsubishi Mirage. Public Relations PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Siti Rahayu mengungkapkan, selama tiga hari, produk yang paling laris adalah KIA All New Picanto. Padahal untuk acara IIMS 2012 ini PT KMI meluncurkan satu unit SUV KIA Sorento dan KIA All New Sportage Platinum. Sementara Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor (GMM) Andrew Nasuri sebagai APM Audi di Indonesia masih optimistis akan nilai transaksi yang terjadi di IIMS 2012.

Sebab, ketika pelaksanaan pameran masuk hari kedua, PT GMM sudah mencatat penjualan sebanyak 12 unit,yakni 6 unit Audi A6 2.0 TFSI dan 6 unit Audi A4. Dari situ dia optimistis PT GMM akan melampaui target penjualan di IIMS 2011. ”Saat itu (di IIMS 2011) kami berhasil menjual 40 unit Audi. Tahun ini kami yakin menggandakan penjualan,” ujar dia.Andrew mengungkapkan,Audi memproyeksikan penjualan 20 unit Audi A6 2.0 TFSI mulai September hingga akhir tahun ini.

Optimisme yang sama juga disuarakan Augusta B Sirait, Public Relation and Media Specialist PT General Motors Indonesia. ”Kami optimistis, yang jelas permintaan produk Chevrolet Aveo dan Chevrolet Spin sangat banyak,”ujarnya. Adapun PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis mampu menjual lebih banyak model pada IIMS tahun ini. Jika tahun lalu mereka mampu menjual 1.618 unit, maka pada IIMS 2012 target penjualan dinaikkan 33% menjadi 2.000 unit. Target yang lebih tinggi ini wajar.

Sebab APM dengan tagline Power of Dream ini memiliki banyak line up produk baru. Mulai dari Honda Brio yang menyasar segmen entry level hingga full model change dari Honda CR-V yang diluncurkan pada 13 September silam. Diprediksi,Honda CR-V menjadi salah satu model yang paling banyak dipesan. ”Selain banyaknya produk baru, kami juga memberikan banyak program sales. Misalnya pilihan cicilan rendah, lucky dip,serta beragam bonus aksesori di setiap pembelian unit,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM.

Pengamat automotif Suhari Sargo menilai ajang IIMS 2012 dapat meningkatkan penjualan APM karena munculnya produk-produk baru. ”Di IIMS, penjualan mobil akan mengalami pertumbuhan besar,” katanya. Target penjualan mobil sebesar satu juta unit hingga akhir tahun, menurut Suhari, akan tercapai karena perekonomian terus membaik. ”Dampak kenaikan uang muka sebesar 30% tidak berpengaruh pada pasar automotif di Tanah Air,” paparnya. anton c/wahyu sibarani/danang arradian/ ichsan amin 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar