Pages

Rabu, 26 September 2012

China Resmikan Kapal Induk Pertama

Image

Kapal induk pertama China direnovasi dari kapal induk tua yang dibeli dari Ukraina di Pelabuhan Dalian, Provinsi Liaoning, China, Sabtu (22/9). Kapal induk pertama China itu kemarin resmi beroperasi dan diproyeksikan untuk memperkuat armada militer negeri tersebut.

BEIJING – Kapalinduk( carrier) pertama China kemarin resmi beroperasi.Kapal ini disebut bakal membantu memproyeksikan kekuatan maritim dan membela teritorial negara yang tengah bangkit itu. Serahterima kapal itu dilakukan ketika negara tersebut tengah terlibat dalam sengketa wilayah dengan Jepang, dan negara-negara di Asia Tenggara, serta kewaspadaan China terhadap kepentingan militer Amerika Serikat (AS) di Asia.

Kapal induk,yang disebut Liaoning,itu awalnya dibeli dari Ukraina dan merupakan kapal bekas milik Uni Soviet. Kapal itu telah menjalani renovasi di Dalian.”Masuknya kapal induk ini akan meningkatkan level modernisasi pasukan operasional angkatan laut secara keseluruhan China,” ungkap Kementerian Pertahanan (Kemenhan) China dalam pernyataan di situs mereka kemarin, seperti dilansir Reuters.

Menurut mereka, Liaoning secara efektif akan membantu melindungi kedaulatan nasional, keamanan,dan kepentingan pembangunan. ”Kapal induk memiliki makna penting dalam meningkatkan kapasitas tempur pada keseluruhan angkatan laut ke tingkat yang modern,” ungkap Kemenhan China,seperti dikutip AFP.

Kemenhan China juga menyatakan, kapal induk ini akan meningkatkan kemampuan China untuk mempertahankan dan mengembangkan kemampuan untuk bekerja sama di laut lepas dalam menangkal ancaman keamanan.Kapal itu, tentu saja, adalah kebanggaan bagi angkatan laut yang tak pernah memiliki sebuah kapal induk dalam armadanya.

”Ketika seluruh kekuatan utama,dan bahkan negara kecil dan sedang, memiliki kapal induk sendiri,lumrah bagi China untuk memiliki kapal induk sendiri,” papar Laksamana Muda Yang Yi, dalam komentar yang dia tulis di China Daily.”China memiliki area laut yang luas dan hak maritim yang besar serta kepentingan yang harus dilindungi. Kepentingan luar negeri China yang terus berkembang membutuhkan angkatan laut yang kuat untuk memberikan jaminan keamanan.”

Para analis memperkirakan China bakal merilis kapal induk buatan sendiri setelah 2015.Namun, analis profesional dan amatiran yang mengkaji citra satelit pabrik galangan kapal China belum bisa menemukan bukti adanya pembangunan kapal itu.

Dalam laporan tahunan militer China yang dipublikasikan tahun ini, Departemen Pertahanan AS memaparkan bahwa konstruksi kapal itu mungkin telah dimulai dengan membuat beberapa komponen. wenny Juanita

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar