Pages

Sabtu, 22 September 2012

Kloter 1 ke Tanah Suci Minus Empat Calhaj

Image

Calhaj Kloter 1 asal Kota Medan menaiki tangga pesawat di Bandara Polonia Medan, Jumat (21/9), untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Sebanyak 451 calhaj yang tergabung dalam kloter ini diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Pullmantur Air milik Spanyol yang disewa Garuda Indonesia.

MEDAN – Jamaah calon haji (calhaj) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Medan sudah diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia GA 3101 menuju Jeddah,Arab Saudi, Jumat (21/9) sekitar pukul 08.30 WIB.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho turut mengantarkan jamaah calon haji ke bandara setelah sebelumnya dilepas di Asrama Haji Medan. ”Dari informasi yang saya terima, empat orang dari 455 calhaj gagal berangkat,”katanya.

Dua jamaah gagal berangkat karena jatuh sakit, sedangkan dua lagi karena pendamping jamaah yang sakit.Calhaj Kloter 1 ini seluruhnya berasal dari Kota Medan dengan jamaah tertua bernama Sarini Darman Tejo binti Darman, 86. Sedangkan jamaah termuda bernama Arjuna Bin Abduk Rais,25.

Gatot menitipkan doa agar daerah ini senantiasa aman dan nyaman serta dalam situasi kondusif agar masyarakat lebih tenang, dan secara otomatis bisa memajukan daerah Sumut.” Kepada seluruh jamaah Calhaj saya juga mengimbau agar menghindarkan sifat-sifat yang bisa merusak ibadah. Hindarkan pola berpikir skunder apalagi tertier,”katanya. Usai memberikan arahan, Gatot langsung melepas jamaah kloter I yang berjumlah 452 orang. ”Kita berdoa agar semuanya menjadi haji yang mabrur,” ucapnya pula.

Pantauan SINDO, seperti keberangkatan setiap musim haji,kerabat jamaah meramaikan Taman Dirgantara, tak jauh dari runway Bandara Polonia. Dari tempat ini,mereka dapat melihat langsung pesawat yang membawa sanak saudaranya lepas landas,sekaligus melambaikan tangan. Sebagian tampak mengabadikan peristiwa itu dengan kamera,tak sedikit pula yang terlihat meneteskan air mata.

Direktur Pengelolaan Dana Haji Kementerian Agama (Kemenag) Syariful Mahya Bandar mengatakan, jamaah Calhaj asal Sumut harus mampu berinteraksi dengan jamaah dari daerah lainnya nanti di Tanah Suci. Silaturrahmi yang baik akan membuat ibadah haji tersebut lebih baik lagi. ”Saya ucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu Allah dan semoga mendapatkan haji mabrur. Diharapkan kepada seluruh jamaah haji diharapkan menjadi haji yang mabrur dan memelihara kemabruran haji itu dalam kehidupan sehari- hari sekembalinya dari menunaikan ibadah haji nanti,” tandasnya.

 Jamaah calhaj harus senantiasa menjaga kesucian niat dalam beribadah. Menjaga kesehatan fisik dan mental,memelihara hati dari penyakit-penyakit yang dapat merusak ibadah haji. ”Saya juga berpesan kepada seluruh jamaah calhaj agar menjaga nama baik martabat jamaah haji Indonesia di negara lain. Jagalah nama baik negara ini dimana pun Anda berada,”tandasnya.

Sementara itu, 455 jamaah yang tergabung di Kloter 2 sudah masuk ke Asrama Haji Medan di Pangkalan Masyhur,Medan. Sebanyak 435 jamaah berasal dari Kota Medan, sisanya dari Kabupaten Dairi. Kloter 2 ini juga terdiri atas 450 jamaah ditambah lima petugas haji. Mereka dijadwalkan berangkat menuju Jeddah besok (hari ini) sekitar pukul 07.15.Seperti jamaah Kloter 1, mereka akan mendapat pemondokan di Wilayah Bakhutmah, Mekkah. eko agustyo fb, panggabean hasibuan

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar