Pages

Rabu, 26 September 2012

Bandara Hasanuddin Akan Beroperasi 24 Jam

Image

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar akan dioperasikan 24 jam nonstop dalam waktu dekat ini. Kebijakan ini mengacu pada regulasi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


MAKASSAR – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dalam waktu dekat akan melayani penerbangan selama 24 jam. Kebijakan ini mengacu pada regulasi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Selain Bandara Hasanuddin, operasi 24 jam ini juga berlaku untuk empat bandara lainnya, yakni Bandara Soekarno- Hatta Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Bandara Polonia di Medan,dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura Airport Sultan Hasanuddin Makassar, Rachman Syafrie mengakui,selama ini Bandara Hasanuddin telah beroperasi di luar jam normal, yakni di atas pukul 21.00 Wita. Meskipun, pada jam tersebut jumlah pesawat yang landing atau pun take-off memang masih tergolong minim.

Dia mengakui,sejauh ini belum ada penyampain resmi dari Kemenhub soal operasional bandara selama 24 jam tersebut, namun jam operasional di atas pukul 21.00 Wita hingga pukul 03.00 pagi selama ini sudah berjalan. “Pengoperasian yang normal itu hingga pukul 21.00 Wita. Tapi secara operasional, kita sudah melayani hingga tengah malam,mulai pukul 01.00 hingga 03.00,”ujar dia kemarin.

Berdasarkan data Angkasa Pura, terdapat tiga maskapai penerbangan yang membuka layanan penerbangan di atas pukul 21.00 Wita,yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Sehari sebelumnya,di Surabaya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan menyatakan, ada lima bandara di Indonesia yang disiapkan beroperasi selama 24 jam, termasuk Bandara Hasanuddin.

Kebijakan itu ditempuh sebagai antisipasi makin membeludaknya jumlah penumpang yang bepergian menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Menurut Menhub dibukanya bandara 24 jam nonstop membuat kepadatan penumpang sedikit berkurang. Hanya, menhub mengaku belum bisa memastikan kapan bandara di Indonesia akan mulai melayani penumpang selama 24 jam.

Jika regulasi Kemenhub tersebut mulai diberlakukan, Rahman Syafrie mengakui, pihaknya tidak akan sulit melakukan penyesuaian jam operasi di Bandara Hasanuddin.“Kita selama ini sudah terbang pukul 01.00 Wita hingga 03.00 Wita.Itu artinya kita siap melayani 24 jam,”ujar dia. Pihaknya juga sudah me-lakukan persiapan dalam hal sumber daya manusia (SDM) jika operasional 24 jam itu diberlakukan.

Dijelaskan, akan ada perimbangan staf bandara yang bertugas pada siang hari hingga tengah malam.Saat ini,jelas dia, frekuensi penerbangan yang padat di Bandara Hasanuddin yakni pada pukul 07.00 Wita hingga 11.00 Wita, serta pukul 13.00 Wita sampai 17.00 Wita. “Nanti,jika malam hari frekuensi penerbangan juga padat, SDM akan kita tambah dan benahi sehingga bisa seimbang. Khusus soal fasilitas,kita sudah siap dari sekarang,”ujar dia.

Terpisah,Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi,dan Informasi (Dishubkominfo) Sulsel Masykur Sulthan menyebutkan, tidak ada lagi persoalan yang perlu dikhawatirkan jika Bandara Hasanuddin beroperasi 24 jam.

“Sebenarnya kita telah siap dari dulu. Lihat saja sekarang frekuensi penerbangan di bandara mulai malam hingga tengah malam mulai padat.Jadi, apa lagi yang perlu disiapkan?” ujar dia. wahyudi

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar