Pages

Kamis, 11 Oktober 2012

PDIP Elus-elus Bambang DH

Image

Ketua Fraksi PDIP DPR, Puan Maharani memberikan keterangan pers Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di kantor PDIP Jawa Timur, kemarin.

SURABAYA – Setelah sukses mengusung Joko Widodo (Jokowi) jadi Gubernur DKI Jakarta, PDIP mengincar kursi Gubernur Jawa Timur. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini sudah menyiapkan sejumlah kader.Satu dari ratusan kader potensial yang digadang- gadang adalah Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH.

Pria asli Pacitan ini dinilai layak bersaing dengan calon incumbent Soekarwo, yang kemungkinan besar bakal diusung Partai Demokrat. “Saya rasa Bambang DH sangat paham dengan mekanisme (pencalonan) itu, dan juga sudah tahu betul peraturannya. DPP akan mendukung kadernya yang ingin mencalonkan diri,” kata Ketua Fraksi PDIP DPR,Puan Maharani,dalam kunjungannya di kantor PDIP Jatim,kemarin.

Kedatangan Puan Maharani ke Surabaya dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Pakuwon Imperial Ballroom,12-14 Oktober 2012. Selain nama Bambang DH, PDIP juga diisukan mengusung Khofifah Indar Parawansa, dan Soekarwo. Hal ini ditepis oleh Puan. Menurut dia, DPD PDIP Jawa Timur belum membuka pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) maupun Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim.

PDIP membuka pendaftaran cagub dan cawagub pada November dan Desember mendatang. “Saya belum mendengar DPP atau DPD melamar Soekarwo. Pengurus DPD saja belum membuka pendaftaran baik Cagub dan Cawagub,” tegas cucu mantan Presiden Soekarno itu Bagaimana dengan Bambang DH? Pria yang sukses memimpin Kota Surabaya dua periode ini masih enggan berkomentar.

Menurut Bambang DH, PDIP memiliki mekanisme dalam pendaftaran calon cagub-cawagub. Hal itu harus diikuti semua calon yang mendaftar. “Mekanisme tersebut berupa proses penjaringan calon terlebih dahulu, kemudian hasilnya akan diserahkan ke DPP PDIP.Selain itu calon akan melalui uji kelayakan dan kepatutan,” katanya.

Saat PDIP masih menimangnimang jago,Demokrat Jatim sudah siap mendeklarasikan calonnya.Kabar di intenal DPD Partai Demokrat (PD) Jatim menyebutkan,bahwa deklarasi pencalonan gubernur Soekarwo dilakukan bersamaan dengan pelantikan 38 DPC PD se-Jatim.“ Saya belum bisa memastikan, deklarasi itu bisa ya bisa juga tidak dilakukan saat itu,” tandas Bendahara DPD PD Jatim Achmad Iskandar.

Siapa cawagub-nya?, Iskandar tidak bisa memberikan kepastian. Namun ada kemungkinan penetapan cawagub itu baru dilakukan pada 2013 mendatang. Sumber di lingkungan DPD PD Jatim menyebutkan,deklarasi yang dilakukan nanti hanya sebatas pencalonan Pakde Karwo. Sedangkan untuk urusan penetapan cawagub, DPD PD masih berhati-hati dalam menentukan calonnya.

Nama Soekarwo memang populer di kalangan warga. Kemarin, saat jago-jago cagub belum bermunculan, incumbent sudah mendapat dukungan. Sebanyak sepuluh kepala desa dari Kecamatan Muncar, Banyuwangi, berkunjung ke Surabaya. Sayangnya karena kesibukan gubernur,kepala desa ini gagal bertemu langsung dengan Pakde Karwo.

“Kami datang ke sini sebenarnya ingin bersilaturahmi dan bertemu langsung dengan Pak Gubernur. Kami ingin mengucapkan terimakasih atas program program yang bisa kami rasakan langsung,” kata Kepala Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, Muzayin. lutfi yuhandi

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar