Monday, 24 September 2012
JAKARTA– Tingginya minat masyarakat mengunjungi Indonesia International
Motor Show (IIMS) 2012 menunjukkan semakin meningkatnya jumlah kelas
menengah di Indonesia.
Ekonom Unika Atma Jaya A
Prasetyantoko menilai Indonesia menjadi target barang mewah seperti
produk automotif seiring dengan bertambahnya orang kaya baru di Tanah
Air. ”Ini terjadi lantaran pertumbuhan ekonomi kita yang stabil di atas
6% selama beberapa tahun terakhir,” kata Prasetyantoko kepada koran
SINDOkemarin. Dia mengatakan, harga bahan bakar minyak (BBM) di
Indonesia yang masih disubsidi juga mendorong perkembangan industri
automotif. Belakangan, mobil semakin diminati karena mengusung teknologi
yang hemat BBM dan ramah lingkungan.
”Faktor tersebut yang
membuat masyarakat kelas ekonomi menengah kita menjadi tertarik,
”tegasnya. Ekonom LIPI Latif Adam menilai sifat konsumtif telah memicu
antusiasme masyarakat Indonesia memburu produk-produk automotif di ajang
IIMS. Ini didorong pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang mencapai
sekitar 9 juta per tahun. ”Tentu ini menjadi faktor bagi produsen mobil
mengambil kesempatan pasar yang ada,”ucapnya.
Dia menilai,
regulasi yang ada memungkinkan produsen mobil menjadikan Indonesia
sebagai target pasar. Misalnya regulasi impor dan kebijakan BBM
bersubsidi. ”Untuk BBM kita masih menjadi salah satu negara di Asia
dengan harga paling murah,”jelasnya. Dari pantauan SINDO, antusiasme
masyarakat menyambut IIMS 2012 yang diikuti 35 merek kendaraan ini
semakin terlihat pada akhir pekan kemarin. Pengunjung harus antre dan
berdesakdesakan untuk melihat mobil idamannya.
Alhasil, suasana
pun menjadi kurang nyaman karena pengunjung berebut, terutama saat ingin
masuk ke dalam kabin mobil. ”Kami melihat ada peningkatan yang cukup
signifikan pengunjung IIMS dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Panitia
IIMS 2012 Johnny Darmawan kemarin.Menurut dia, jumlah pengunjung yang
memadati ajang IIMS 2012 melebihi 50.000 orang pada Sabtu (22/9).Pada
ajang IIMS 2011, di akhir pekan jumlah pengunjung hanya berkisar 35.000
orang.
Panitia IIMS 2012 mencatat, sejak dibuka pada 20
September lalu jumlah pengunjung mencapai 91.014 orang (tiket yang
terjual). Adapun tadi malam, diperkirakan 50.000 hingga 55.000 orang
memadati area pameran di JIExpo,Kemayoran, Jakarta. Panitia menargetkan
pameran mobil terbesar di Asia Tenggara yang berlangsung hingga 30
September 2012 ini dikunjungi 350.000 orang. Johnny Darmawan
menambahkan, pihaknya sebenarnya tidak menetapkan target resmi jumlah
pengunjung maupun nilai transaksi,tetapi diharapkan bisa melampaui
pencapaian IIMS 2011 karena pasar automotif nasional terus meningkat.
Tahun
lalu, penjualan mobil dan aksesori selama pameran mencapai Rp3,2
triliun. Membludaknya pengunjung menyebabkan jalan masuk ke tempat
pameran macet, bahkan banyak kendaraan diparkir di badan jalan karena
tempat parkir penuh.Puluhan ribu orang terlihat memadati booth-booth
peserta agen pemegang merek (APM) demi melihat dari dekat teknologi dan
produk terbaru yang ditampilkan.
Antusiasme para auto lovers ini
tidak mengherankan karena ajang IIMS 2012 menampilkan berbagai mobil
konsep maupun mobilmobil yang baru pertama kali diluncurkan di
Indonesia,bahkan di dunia. Beberapa APM bahkan menjadikan ajang IIMS
kali ini sebagai tempat peluncuran perdana produk mereka di dunia atau
world premiere.
Sejumlah APM yang tercatat melakukan world
premiere antara lain Chevrolet yang meluncurkan Chevrolet Spin dan Honda
dengan produk CRZ. Mobil-mobil baru seperti Toyota Agya dan Daihatsu
Ayla juga menjadi magnet pengunjung. Ditambah lagi kehadiran robot
pintar milik Toyota, yakni Robina dan Humanoid, menjadi daya tarik bagi
pengunjung yang membawa anak-anaknya. APM peserta IIMS 2012 juga
menghadirkan berbagai hiburan seperti live music dan atraksi lain.
Direktur
Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto saat ditemui di
arena pameran mengatakan tak mematok target penjualan.” Target kami
ingin meningkatkan brand image produk sehingga kami ingin menjangkau
tidak hanya orang tua, tapi juga anak-anak sehingga saat dewasa nanti
jatuh cinta dengan Toyota,” tutur Joko. Pada IIMS 2011 lalu, Toyota
berhasil membukukan penjualan 6.900 unit.
Public Relations PT
Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors, APM Mitsubishi di Indonesia,
Jerry Amran mengatakan penjualan yang terjadi di IIMS 2012 selama tiga
hari belakangan tidak terlalu mengejutkan seperti penjualan di IIMS
2011.”Kemungkinan besar hal ini terjadi karena pengaruh kebijakan down
payment 30%,”ujar Jerry. Dia mengatakan produk yang paling laris dipesan
oleh pengunjung masih tetap Pajero Sport.
Padahal saat ini PT
KTB Motors menawarkan dua mobil terbaru, yakni Mitsubishi Outlander
Sport dan Mitsubishi Mirage. Public Relations PT KIA Mobil Indonesia
(KMI) Siti Rahayu mengungkapkan, selama tiga hari, produk yang paling
laris adalah KIA All New Picanto. Padahal untuk acara IIMS 2012 ini PT
KMI meluncurkan satu unit SUV KIA Sorento dan KIA All New Sportage
Platinum. Sementara Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor (GMM)
Andrew Nasuri sebagai APM Audi di Indonesia masih optimistis akan nilai
transaksi yang terjadi di IIMS 2012.
Sebab, ketika pelaksanaan
pameran masuk hari kedua, PT GMM sudah mencatat penjualan sebanyak 12
unit,yakni 6 unit Audi A6 2.0 TFSI dan 6 unit Audi A4. Dari situ dia
optimistis PT GMM akan melampaui target penjualan di IIMS 2011. ”Saat
itu (di IIMS 2011) kami berhasil menjual 40 unit Audi. Tahun ini kami
yakin menggandakan penjualan,” ujar dia.Andrew mengungkapkan,Audi
memproyeksikan penjualan 20 unit Audi A6 2.0 TFSI mulai September hingga
akhir tahun ini.
Optimisme yang sama juga disuarakan Augusta B
Sirait, Public Relation and Media Specialist PT General Motors
Indonesia. ”Kami optimistis, yang jelas permintaan produk Chevrolet Aveo
dan Chevrolet Spin sangat banyak,”ujarnya. Adapun PT Honda Prospect
Motor (HPM) optimistis mampu menjual lebih banyak model pada IIMS tahun
ini. Jika tahun lalu mereka mampu menjual 1.618 unit, maka pada IIMS
2012 target penjualan dinaikkan 33% menjadi 2.000 unit. Target yang
lebih tinggi ini wajar.
Sebab APM dengan tagline Power of Dream
ini memiliki banyak line up produk baru. Mulai dari Honda Brio yang
menyasar segmen entry level hingga full model change dari Honda CR-V
yang diluncurkan pada 13 September silam. Diprediksi,Honda CR-V menjadi
salah satu model yang paling banyak dipesan. ”Selain banyaknya produk
baru, kami juga memberikan banyak program sales. Misalnya pilihan
cicilan rendah, lucky dip,serta beragam bonus aksesori di setiap
pembelian unit,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service
Director PT HPM.
Pengamat automotif Suhari Sargo menilai ajang
IIMS 2012 dapat meningkatkan penjualan APM karena munculnya
produk-produk baru. ”Di IIMS, penjualan mobil akan mengalami pertumbuhan
besar,” katanya. Target penjualan mobil sebesar satu juta unit hingga
akhir tahun, menurut Suhari, akan tercapai karena perekonomian terus
membaik. ”Dampak kenaikan uang muka sebesar 30% tidak berpengaruh pada
pasar automotif di Tanah Air,” paparnya. anton c/wahyu sibarani/danang
arradian/ ichsan amin
0 komentar:
Posting Komentar